About

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Sulawesi Selatan, Makassar, Indonesia
baik hati , tidak sombong , rajin menabung :)

followers (!)

Twitter

RSS
selamat dataaaaaang di dunia SAYA :) dunia yang penuh pahit , asam , manisnya kehidupan !

Earth Hour for Safe Our Earth

A. Pengertian Earth Hour

     Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature), juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan  lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald  tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008 hingga sekarang.

B. Arti dari Logo Earth Hour


Logo EARTH HOUR ’60+’ menunjukkan 60 menit kampanye EARTH HOUR dimana fokus perhatiannya adalah dampak yang dialami oleh bumi dan tindakan positif dalam menanggulangi masalah tersebut. Tanda ‘+’ menunjukkan bahwa kegiatan EARTH HOUR tidak hanya berhenti sampai hanya 60 menit mematikan lampu, namun juga ditambah dengan adanya perubahan gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

C. Target Earth Hour

    Tujuan utama kampanye EARTH HOUR tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi, dan berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan.
     Pada intinya, kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dibuktikan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti: menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon, dan lain-lain.
     Dalam jangka panjang, diharapkan EARTH HOUR mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan di semua sektor agar bisa diadaptasi oleh pemerintahan dan korporasi di negara-negara partisipan untuk secara signifikan memasukkan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan yang mereka miliki supaya penurunan emisi gas rumah kaca bisa dilakukan secara komprehensif.
     Jadi EARTH HOUR tidak bisa berhenti di 1 jam saja, melainkan diharapkan bisa diadaptasi oleh pemerintahan di negara-negara partisipan dan publik yang telah berkomitmen menjadi partisipan.

E. Manfaat Earth Hour
  • Mengingatkan masyarakat bahwa terjadinya perubahan iklim juga berasal dari penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar fosil
  • Mempromosikan energi efisiensi di kota dengan populasi dan konsumsi listrik yang boros.
  • Menciptakan dan memicu kesadaran masyarakat tentang gaya hidup hemat energi di kota-kota besar di Jawa-Bali, krisisnya pasokan serta distribusi listrik, dan juga potensi sumber-sumber listrik di Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, dalam perspektif yang lebih luas juga dapat memberikan stimulasi perubahan perilaku serta insentif bagi perekonomian.

F. Kebijakan yang Mendukung Earth Hour Indonesia
  • UU no.30 Tahun 2007 mengenai Energi
  • Instruksi presiden no.5 tahun 2006 mengenai kebijakan efisiensi energi
  • Instruksi Presiden no.5 tahun 2005 mengenai efisiensi energi
  • Instruksi Presiden no.2 tahun 2008 mengenai efisiensi energy dan air
  • Peraturan Gubernur no.70 tahun 2009 mengenai konservasi energi
  • Instruksi Gubernur DKI Jakarta no.73 tahun 2008 tentang Implementasi energi dan efisiensi air.
  • Kebijakan Gubernur DKI Jakarta no.33 tahun 2008 tentang kriteria pemanfaatan energi dalam bangunan berpendingin udara

    G. Target Sasaran Kampanye Earth Hour di Indonesia?

    1. Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat memberikan pernyataan dukungan, baik lisan maupun tulisan, sebagai duta, dan memberikan contoh dengan mengikutsertakan bangunan/monumen ikon kota Jakarta dalam kampanye global ini. Selain itu diharapkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat juga memberikan himbauan kepada departemen dan institusi terkait, termasuk kalangan bisnis di Jakarta untuk berpartisipasi. 
    2. Korporasi. Jika sektor komersial (gedung perkantoran dan pertokoan/mal) dapat ikut partisipasi mematikan lampu ketika sudah melewati jam kerja dan mengombinasikan aksi ini dengan kegiatan yang secara teknologi tepat guna dan efisien, maka sektor korporasi dapat mengurangi berton-ton emisi karbon dioksida yang dikeluarkan dari penerangan secara signifikan. Earth Hour bertujuan untuk menunjukkan kepada sektor korporasi betapa mudah dan efisiennya melakukan perubahan dengan mencontoh perusahaan-perusahaan yang telah mencapai penurunan emisi karbon dioksida.
    3. Rumah Tangga. Setiap individu diminta secara sukarela memberikan komitmennya untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang digunakan pada tanggal dan jam dimaksud. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari jika dilakukan secara global dapat memberikan hasil besar.
    4.  
      H. Tindak Lanjut dari Kampanye Earth Hour Indonesia?

           Di 5 tahun mendatang diharapkan:
      • Kampanye Earth Hour menjadi kampanye tahunan di kota-kota besar di Jawa & Bali yang konsumsi listriknya tertinggi di Indonesia
      • Terjadi perubahan gaya hidup hemat energi di kota-kota tersebut
      • Indonesia mengembangkan inisiatif bangunan hemat energi dan ramah lingkungan
      • Indonesia mengembangkan sumber listrik baru terbarukan di daerah-daerah yang sejauh ini belum mendapat akses listrik

        "So, Jagalah Bumi kita bukan hanya untuk hari ini, tapi untu besok dan seterusnya. Cintai alam dan lingkungan"
        Sumber :
        www.wikipedia.com
        www.earthhour.wwf.or.id
        www.kaskus.us

        • Digg
        • Del.icio.us
        • StumbleUpon
        • Reddit
        • RSS

        2 komentar:

        blabla.. mengatakan...

        Mantap Gan :D
        btw,exchange banner tun tambahkan dlue link blogku du blogmu..

        link blogmu adaji dibwah kanan blogku :D

        Anonim mengatakan...

        Why pеоplе still make uѕe of tο геad nеws paрегs
        whеn іn this technοlogical worlԁ the
        whole thіng is available on nеt?

        Feеl frеe to visit my site: flute cleaning

        guest B.O.OK :)


        ShoutMix chat widget