About

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Sulawesi Selatan, Makassar, Indonesia
baik hati , tidak sombong , rajin menabung :)

followers (!)

Twitter

RSS
selamat dataaaaaang di dunia SAYA :) dunia yang penuh pahit , asam , manisnya kehidupan !

statistik dalam excel

Soal

1. Jelaskan pengertian statistik dalam excel ?

Pengetian statistik dalam excel adalah metode ilmiah yang terdiri atas proses pengumpulan data, mengorganisasi data tersebut sehingga lebih berarti, menyajikan data, melakukan analisis dengan metode tertentu, serta menarik kesimpulan dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan Microsoft excel.

2. Jelaskan dengan menggunakan gambar statistic excel :

a. Median

b. Modus

c. Range

d. Standar deviasi

e. Panjang kelas

Dengan menggunakan excel beserta contohnya

Gambar statistic excel :

a. Median

Median adalah nilai yang berada di tengah-tengah dari sekumpulan data, jika data tersebut diurutkan baik dari nilai terkecil ke nilai terbesar maupun dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Secara rumus, median terletak pada urutan ke (n+1)/2, dimana n adalah banyaknya data.

Sebagai contoh, apabila ingin mencari nilai tengah (median) dari sel A5 sampai J11. Maka, rumus yang digunakan adalah =median(A5:J11)

b. Modus

Modus (Mode) adalah nilai yang paling sering muncul dari sekumpulan data. Sebagaimana halnya dengan median, nilai modus juga tidak dipengaruhi oleh nilai ekstrim.

Sebagai contoh, apabila ingin mencari nilai yang paling sering muncul (modus) dari sel A5 sampai J11. Maka, rumus yang digunakan adalah =modus(A5:J11)

c. Range



Range (jarak) adalah pengukuran yang paling sederhana untuk dispersi data. Sebagai contoh, apabila ingin mencari range (jarak) dari sel A5 sampai J11. Maka, terlebih dahulu kita mencari nilai terbesar dan terkecil. Rumus untuk mencari nilai terbesar adalah =MAX(A5:J11) dan rumus untuk mencari nilai terkecil adalah =MIN(A5:J11). Maka, masukkan rumus =B13-B14 (sel hasil nilai terbesar dikurang sel hasil nilai terendah)

d. Standar deviasi

Standar deviasi merupakan akar dari varians (ingat, karena pada varians kita mengkuadratkan selisih data dari rata-ratanya, maka dengan mengakarkannya, kita mendapatkan kembali nilai asalnya).

Sebagai contoh, apabila ingin mencari standar deviasi dari sel A5 sampai J11. Maka, rumus yang digunakan adalah =STDEV(A5:J11)

e. Panjang kelas

Panjang kelas adalah hasil pembagian antara jarak (range) dengan jumlah data. Sebagai contoh, apabila ingin mencari panjang kelas dari sel A5 sampai J11. Maka, terlebih dahulu kita mencari jumlah data dengan rumus =COUNT(A5:J11). Kemudian, mencari nilai terbesar dan terkecil. Rumus untuk mencari nilai terbesar adalah =MAX(A5:J11) dan rumus untuk mencari nilai terkecil adalah =MIN(A5:J11). Lalu, mencari range (jarak) dengan rumus =B13-B14. Sehingga, untuk mencari nilai dari panjang kelas, menggunakan rumus =C16/C13 (sel hasil nilai range dibagi sel hasil nilai count)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

guest B.O.OK :)


ShoutMix chat widget